2.2.a.4.1.b. Eksplorasi Konsep - Kasus 2

 

2.2.a.4.1.b. Eksplorasi Konsep - Kasus 2

OLEH : DHIANA KURNIASARI CHOIRUL

Pengantar:

Bapak Eling telah menjadi guru selama lebih dari 5 tahun. Suatu pagi, Bapak Eling merasakan tubuhnya seakan berat untuk bangun dari tidurnya. Dia juga merasa berat untuk berdiri dan bergerak berangkat menuju sekolah. Akhir–akhir ini pun selama berada di dalam kelas, Bapak Eling sering tiba-tiba merasakan jantungnya berdetak cepat. Pikirannya bercabang-cabang, dan ia sering merasakan dirinya mengalami kecemasan. Saat ini memang selain sibuk mengajar, Bapak Eling juga harus menjadi ketua panitia perayaan 17 Agustus yang akan dilaksanakan di sekolahnya 1 bulan lagi.  

Berikut kasus yang terjadi pada Bapak Eling yang pada akhir-akhir ini.

Selesai kegiatan belajar-mengajar berakhir, Bapak Eling memimpin rapat panitia besar yang akan memutuskan revisi akhir acara. Rapat yang berlangsung selama kurang lebih 1 jam menghasilkan tugas baru bagi Pak Eling untuk mempelajari perubahan proposal acara.  Pak Eling perlu memastikan semua perencanaan, pengaturan personil, dan pengaturan anggaran sudah tepat. Sesuai rencana, panitia acara sudah harus mulai bekerja setelah proposal disetujui oleh kepala sekolah.  Oleh karena itu, Bapak Eling diminta untuk mengirimkan proposal ini kepada kepala sekolah selambat-lambatnya lusa. Karena mendahulukan proposal ini, Bapak Eling pun lupa menyiapkan rubrik untuk pembelajaran geografi keesokan harinya. Keesokan paginya, Bapak Eling, masuk kelas dan lupa mengunduh rubrik proyek geografi sehingga proses pembelajaran sempat tersendat. 

 

  • Apakah situasi yang dihadapi  Bapak Eling? Mohon uraikan dengan singkat, padat, dan jelas.

Masalah yang dihadapi oleh Bapak Eling adalah manajemen waktu dan menentukan prioritas. Bahwa seorang guru mendapat tugas tambahan itu penting dan dibolehkan. Namun tugas pokok tidak boleh dikesampingkan.

 

  • Apa kompetensi sosial dan emosional yang diperlukan  Bapak Eling dalam menghadapi masalah tersebut? Jelaskan jawaban Anda. (Hubungkan dengan kerangka atau panduan yang ada di artikel-artikel yang telah dibaca sebelumnya)

1. Pengenalan diri/Pengelolaan Diri 

Mengelola emosi dan fokus untuk Mencapai Tujuan. Untuk melaksanakan tugas yang hadir secara bersamaan, dibutuhkan pengelolaan diri yang baik. Walau seseorang multitasking dan dapat melakukan beberapa hal secara bersamaan, namun diperlukan skala prioritas dengan apa yang dikerjakannya. Selain itu mengelola diri untuk bisa focus pada tujuan.

2. Kesadaran Diri - Pengenalan Emosi

Pak Eling bisa menanyakan ke diri sendiri terlebih dahulu, apa yang sedang dia rasakan saat memasuki ruang kelas, apakah merasa bingung atau khawatir sehingga harus segera bertindak dan berfikir untuk mencari solusi terbaik, sehingga tidak mengorbankan kegiatan pembelajaran yang menjadi tugas pokoknya. Proses menuju pada pengenalan emosi dan menemukan solusi, Pak Eling bisa melakukan metode STOP (berhenti sejenak, tarik nafas, amati apa yang sedang terjadi baik yang terjadi pada diri sendiri atau keadaan disekelilingnya, baru melanjutkan aktifitas selanjutnya) untuk mengembalikan kesadaran diri sepenuhnya pada saat ini.

3. Keterampilan Berelasi – Kerja Sama dan Resolusi Konflik

Keterampilan mengelola tugas dan  berbagi peran dalam sebuah kepanitiaan kegiatan. Dalam sebuah kegiatan tentunya ada kepanitiaan yang disusun dan memiliki job disknya masing-masing. Jadi untuk membuat proposal dll, pak Eling bisa meminta bantuan panitia lain. Sehingga dia memiliki banyak waktu untuk membuat persiapan pembelajaran.

4. Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

Pengambil keputusan yang bertanggung jawab akan mempertimbangkan banyak hal dan konsekuensi dari pilihan itu harus dikerjakan dengan penuh tanggungjawab. Ketika Pak Eling sudah mengambil keputusan untuk bersedia  untuk menjadi ketua panitia 17 Agustus, artinya pak Eling sudah memiliki pertimbangan matang bagaimana mengelola manajemen waktunya. Bagaimana tugas tambahan itu tidak sampai mengorbankan tugas pokoknya sebagai guru dan tidak merugikan muridnya untuk mendapatkan pembelajaran secara maksimal.

  • Seandainya Anda adalah Bapak Eling, apa yang akan Anda lakukan?

Yang saya akan lakukan adalah :

1.     Membuat jadwal kegiatan

2.     Membuat persiapan pembelajaran terlebih dahulu sebelum mengerjakan tugas lain

3.     Membagi tugas kepanitiaan dan memahamkan jobdisk semua orang yang terlibat dalam kepanitiaan, sehingga tidak semua dikerjakan oleh pak Eling

4.     Tetap focus pada tugas pokoknya dan melaksanakan tugas panitia 17 Agustus setelah pembelajaran selesai. Namun bila harus bersamaan, maka tugas mengajar di sekolah bisa diserahkan pada guru piket, asalkan persiapan pembelajaran dan rubrik penilaian sudah di siapkan terlebih dahulu.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi buku Slilit Sang Kyai

WEBINAR LITERASI PGRI KABUPATEN TULUNGAGUNG

DONGENG : TIDAK BISA HIDUP SENDIRI