Tugas 3.1.a.4.3. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep

 

Tugas 3.1.a.4.3. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep

 STUDY KASUS 4

Studi Kasus Keuangan Osis

 

Apakah Hasan akan memberitahu ibu Kepala Sekolah tentang kebenaran uang yang dipakai Adi?

Prinsip apa yang diambil?

 

Berikut ini panduan untuk melakukan analisis studi kasus:

1.       Apa keputusan yang Anda ambil?

Saya akan melindungi Adi selama saya bisa, karena Adi berjanji untuk mengembalikan uangnya dalam waktu 3 bulan.

2.             2. Prinsip mana yang  Anda gunakan, dan mengapa?

Prinsip yang saya gunakan adalah Berpikir berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thinking) karena hal tersebut merupakan yang terbaik untuk Adi. 

3.            3. Mari kita terapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan pada studi kasus Anda.

a.                        aApa nilai-nilai yang saling bertentangan dalam studi kasus tersebut?

Nilai yang bertentangan dalam kasus tersebut adalah komitmen Hasan sebagai ketua OSIS yang seharusnya menegakkan kebenaran VS dengan kesetiaan dia pada Adi sebagai partnernya yang meminta bantuannya untuk tidak menceritakan masalah ini pada kepala sekolah demi kebaikan dan Kesehatan ibunya yang baru sakit dan masuk rumah sakit.


b.     Siapa yang terlibat dalam situasi tersebut ?

Yang terlibat adalah Adi, Hasan dan Kepala Sekolah


c.     Apa fakta-fakta yang relevan dengan situasi tersebut ?

Fakta yang relevan adalah

1.     Adi memakai uang kegiatan Darmawisata untuk membantu biaya pengobatan ibunya, sehingga terdeteksi bahwa antara laporan keuangan dan jumlah uang di rekening tidak sama.

2.     Hasan sebagai ketua OSIS mengetahuinya dan menanyakan alas an Adi memakai uang tersebut yang ternyata untuk membantu biaya pengobatan ibunya

3.     Hasan akan melaporkan hal tersebut ke Kepala Sekolah, namun secara memohon Adi meminta agar Hasan tidak melaporkan dan berjanji untuk segera mengembalikan uangnya

4.     Ternyata ibu kepala sekolah mengetahui selisih jumlah uang tersebut dan menanyakannya pada Hasan.

d.                    d. Mari kita lakukan pengujian benar atau salah terhadap situasi tersebut.

·  Apakah ada aspek pelanggaran hukum dalam situasi tersebut? (Uji legal)

Tidak ada, karena Adi menuliskan laporan uang dengan sebenarnya yang artinya dia tidak berniat untuk melakukan pelanggaran. Hanya karena kondisi yang mendesak dia memakai uang sekolah.


·  Apakah ada pelanggaran peraturan/kode etik profesi dalam kasus tersebut? (Uji regulasi)

Ada yaitu Adi memakai uang sekolah tanpa ijin kepada Kepala Sekolah.

·  Berdasarkan perasaan dan intuisi Anda, apakah ada yang salah dalam situasi ini? (Uji intuisi)

Ada. Yaitu Adi yang memakai uang sekolah

 

·  Apa yang anda rasakan bila keputusan Anda dipublikasikan di halaman depan koran? Apakah anda merasa nyaman?

Tentu tidak nyaman karena Hasan melindungi Adi yang menggunakan uang sekolah demi membantu biaya pengobatan ibunya. Walau untuk tujuan baik dan Adi berjanji untuk mengembalikannya, namun caranya yang tidak benar.


·  Kira-kira, apa keputusan yang akan diambil oleh panutan/idola Anda dalam situasi ini?

Hasan bisa meminta pendapat orang tuanya dan menggunakan pendapat tersebut untuk menentukan sikap.

e.                  e.   Jika situasinya adalah situasi dilema etika, paradigma mana yang terjadi pada                 situasi tersebut?

Paradigma Kebenaran VS Kesetiaan

Dimana Hasan dihadapkan pada keputusan untuk memberikan informasi yang sebenarnya pada kepala sekolah VS Hasan menutupi kesalahan Adi mengingat Hasan sudah berjanji untuk tidak melaporkan kepaka Kepala Sekolah dan demi untuk Kesehatan ibu Adi. 

   

f.                    f.  Dari 3 prinsip penyelesaian dilema, prinsip mana yang akan dipakai?

Prinsip yang akan dipakai adalah Berpikir berbasis peduli / Care -Based Thinking karena Hasan melindungi Adi karena dia peduli pada Adi dan Kesehatan ibu Adi.

g.                    g.   Apakah ada sebuah penyelesaian yang kreatif dan  tidak terpikir sebelumnya untuk menyelesaikan masalah ini (Investigasi Opsi Trilemma)?

Alternatif lain yang mungkin adalah Hasan meminta bantuan orang tuanya untuk mengganti uang yang dipakai Adi, sehingga nominal uang yang di rekening akan sama jumlahnya dengan yang ada di laporan keuangan. Alternatif lain bisa dengan penggalangan dana sosial.

h.                      h.    Apa keputusan yang akan Anda ambil?

Sebagai Hasan saya tidak akan menceritakan bahwa Adi memakai uang, namun saya  akan meminta waktu kepada kepala sekolah untuk bisa melakukan audit untuk memperpanjang waktu sampai Adi bisa mengembalikan uang .

Kemudian saya akan berkomunikasi dengan orang tua saya / ayah Adi untuk membantu mengembalikan uang tersebut.

Selain itu setelah pengembalian uang itu beres, saya akan meminta Adi menyerahkan kepada kepala sekolah dan menceritakan sendiri apa yang telah diperbuatnya, sebagai konsekuesi dari kesalahannya menggunakan uang sekolah tanpa ijin.

i.                       i. Coba lihat lagi keputusan Anda dan refleksikan.

Keputusan telah dibuat yaitu melindungi Adi dengan tidak menceritakan bahwa Adi menggunakan uang tersebut.

Sebenarnya hal itu tidak benar, namun demi kesetia kawanan dan Kesehatan ibu Adi maka Hasan memutuskan itu.

Tentu Hasan juga harus meminta komitmen pada Adi untuk mengembalikan uangnya segera dan meminta maaf pada kepala sekolah dan menceritakan sendiri kepada kepala sekolah tentang apa yang diperbuatnya.

Selanjutnya, di bawah ini adalah beberapa pertanyaan pengayaan, CGP dapat memilih 2 (dua) dari 4 (empat) pertanyaan berikut untuk dijawab berdasarkan analisis studi kasus CGP diatas. 

1.   Dari kesembilan langkah pengambilan dan pengujian keputusan, apakah ada langkah-langkah yang Anda anggap  lebih penting daripada langkah lainnya, mengapa?


Tidak ada, semuanya penting dan sistematis

2.    2.  Selain kesembilan langkah pengambilan dan pengujian keputusan tersebut, menurut Anda apa lagi yang sebaiknya dilakukan oleh pemimpin pembelajaran dalam memastikan keputusannya adalah keputusan yang tepat?


Merenung dan bertanya pada diri tentang keputusan yang akan diambil


3.    3.  Bila Anda menerapkan 9 langkah tersebut, apakah dapat dipastikan bahwa keputusan yang Anda ambil akan bisa mengakomodasi semua pemangku kepentingan (stakeholder) sekolah? Mengapa?


Iya , karena semua unsur dipertimbangkan, difikirkan dengan matang.

4.   4.   Menurut Anda, bagaimana hubungan antara nilai-nilai dan budaya sekolah dalam pengambilan keputusan di dalam situasi dilema etika?

Sangat erat hubungannya, dimana ketika ada permasalahan dan dalam situasi dilema etika dibutuhkan keputusan yang sejalan dengan budaya sekolah untuk pertimbangan sebuah keputusan, agar warga sekolah tetap nyaman dan nilai-nilai bisa ditegakkan.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi buku Slilit Sang Kyai

WEBINAR LITERASI PGRI KABUPATEN TULUNGAGUNG

DONGENG : TIDAK BISA HIDUP SENDIRI