2.2.a.4.1.c. Eksplorasi Konsep - Kasus 3
2.2.a.4.1.c.
Eksplorasi Konsep - Kasus 3
Oleh
: Dhiana Kurniasari Choirul
Pengantar:
Bapak Eling telah menjadi guru selama lebih
dari 5 tahun. Suatu pagi, Bapak Eling merasakan tubuhnya seakan berat untuk
bangun dari tidurnya. Dia juga merasa berat untuk berdiri dan bergerak
berangkat menuju sekolah. Akhir–akhir ini pun selama berada di dalam kelas,
Bapak Eling sering tiba-tiba merasakan jantungnya berdetak cepat. Pikirannya
bercabang-cabang, dan ia sering merasakan dirinya mengalami kecemasan. Saat ini
memang selain sibuk mengajar, Bapak Eling juga harus menjadi ketua panitia
perayaan 17 Agustus yang akan dilaksanakan di sekolahnya 1 bulan
lagi. Berikut 5 kasus yang terjadi pada Bapak Eling yang pada
akhir-akhir ini. Bacalah secara berurutan dan lakukan refleksi setelah
membaca.
Berikut kasus yang terjadi pada Bapak Eling yang
pada akhir-akhir ini.
Saat mempelajari
proposal acara 17 Agustus di antara jam mengajar dan mengoreksi pekerjaan
murid-murid, Bapak Eling menyadari salah seorang murid kelas 10 yang
berprestasi dalam kejuaraan renang tidak mengumpulkan tugasnya. Pak Eling
memanggil murid tersebut. Murid tersebut mengungkapkan pada Bapak Eling bahwa
dia sebenarnya merasakan lelah dan mengantuk saat berada di dalam kelas maupun
di rumah karena latihan keras menjelang kejuaraan bulan depan. Bapak Eling
menilai, seharusnya murid tersebut bekerja lebih keras sebagai konsekuensi dari
pilihannya menjadi murid atlet.
- Apakah situasi
yang dihadapi Bapak Eling? Mohon uraikan dengan singkat, padat, dan
jelas.
Masalah
yang dihadapi Bapak Eling adalah tidak memiliki empati terhadap
apa yang dialami muridnya, apalagi sebenarnya pak Eling juga mengalami hal yang
sama pada kasus 2 (mengecek proposal 17 Agustus, mengajar dan mengoreksi
pekerjaan siswa) dan terbukti beliau juga tidak mampu melaksanakan semua
secara maksimal. Harusnya beliau bisa lebih berempati pada muridnya dan memberikan solusi
terbaik terhadap permasalahan yang dihadapi muridnya.
Apa
kompetensi sosial dan emosional yang diperlukan Bapak Eling dalam
menghadapi masalah tersebut? Jelaskan jawaban Anda. (Hubungkan dengan
kerangka atau panduan yang ada di artikel-artikel yang telah dibaca sebelumnya)
Pengenalan
diri/Pengelolaan Diri
Mengelola
Emosi dan Fokus untuk Mencapai Tujuan
Pak Eling perlu untuk bisa fokus
pada apa yang sedang dihadapi saat ini. Mengelola emosinya untuk tidak menjudge
muridnya dengan label yang negative, tapi melihat permasalahan muridnya dengan
sudut pandang positif dan memberikan solusi kepada muridnya untuk bisa
menghadapi dan menyelesaikan permasalahannya.
Kesadaran
Diri - Pengenalan Emosi
Pak Eling bisa menanyakan ke diri sendiri
terlebih dahulu kira-kira apa yang sedang dia rasakan saat menghadapi anak
tersebut, terus menggali apa yang dirasakan dan mencoba menetralisir
perasaannya dengan melakukan metode STOP (berhenti sejenak, tarik nafas,
amati apa yang sedang terjadi baik yang terjadi pada diri sendiri atau keadaan
disekelilingnya, baru melanjutkan aktifitas selanjutnya) untuk
mengembalikan kesadaran diri sepenuhnya pada saat itu.
Kesadaran
Sosial - Keterampilan Berempati
Pak Eling perlu memiliki pemahaman dan
kemampuan mengenal serta mengelola diri sendiri, Sehingga Pak Eling akan
memiliki kemampuan untuk melihat permasalan muridnya dari berbagai sudut
pandang. Tidak hanya dari kesalahannya, namun lebih pada apa yang
melatarbelakangi muridnya itu kenapa berbuat kesalahan.
- Seandainya Anda adalah
Bapak Eling, apa yang akan Anda lakukan?
Saya akan mencoba memahami situasi yang
dihadapi si murid, dengan cara :
1. Mengajak murid tersebut berdiskusi dan
berbicara empat mata
2. Menanyakan pada murid tersebut
perasaannya saat ini
3. Memberi kesempatan pada murid untuk
menjelaskan alasan dari apa yang diperbuat
4. Mendengarkan cerita anak dengan seksama
5.
Selanjutnya
saya mengingatkan kesepakatan kelas yang sudah dibuat agar budaya positif tetap
terjaga terutama untuk terus menanamkan sikap tanggung jawab dan disiplin, dan
mencari solusi dari permasalahannyaa bersama-sama.
6.
Mengajak
anak untuk berfikir dan menyadari kesalahan yang dilakukan
7.
Menanyakan
perasaan anak setelah bercerita
8.
Memberikan
solusi pada anak bila dibutuhkan
9.
Mengajak
anak untuk berkomitmen melaksanakan apa yang sudah disepakati dalam diskusi
hari ini.
Komentar
Posting Komentar