AKSI NYATA MODUL 1.1 OLEH : DHIANA KURNIASARI CHOIRUL (CGP Angkatan 4 Kab. Tulungagung)

 

AKSI NYATA MODUL 1.1

OLEH : DHIANA KURNIASARI CHOIRUL

(CGP Angkatan 4 Kab. Tulungagung)



1.     PERASAAN SELAMA MELAKUKAN PERUBAHAN DI KELAS

Sangat menyenangkan dan Bahagia, melihat antusius peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Seakan mereka tidak merasakan bahwa dengan kegiatan bermain, sesungguhnya mereka mempelajari banyak hal

2.     IDE / GAGASAN  POSITIF YANG MUNCUL SAAT PROSES PERUBAHAN

a.     Mendesain pembelajaran dengan cara melakukan permainan (mini zoo)

b.     Melibatkan semua guru, peserta didik dan partisipasi orang tua (membawakan binatang kesayangan dari rumah)

c.     Mengajak anak belajar di luar kelas

d.     Menggunakan media benda langsung (binatang), uang dan tiket

e.     Mengajak anak bergerak bebas (menirukan Gerakan binatang) melalui lagu

f.      Mengajak anak bermain peran (menjadi penjaga loket, guide mini zoo) 

3.     PEMBELAJARAN DAN PENGALAMAN DALAM BENTUK CATATAN PRAKTIK BAIK

a.     Kegiatan Mini Zoo (Kebun Binatang Mini) adalah kegiatan puncak tema “ Binatang”, dimana anak-anak diajak untuk praktek langsung berkunjung ke kebun binatang (kegiatan fantasi berkunjung ke kebun binatang). Dalam kegiatan tersebut anak diminta untuk membawa binatang yang dimiliki di rumah, selanjutnya akan di tata di halaman sekolah dan nantinya akan digunakan untuk pelaksanaan kegiatan mini zoo.

b.     Skenario kegiatan :

-          Anak-anak membawa binatang dari rumah

-          Binatang di tata di halaman sekolah

-          Anak-anak waktu di kelas diberi uang mainan untuk membeli tiket masuk mini zoo

-          Anak-anak keluar kelas berfantasi naik kereta api (berbaris dan menyanyikan lagu kereta api)

-          Praktek/ pembiasaan antri untuk beli tiket

-          Setelah memegang tiket anak-anak antri lagi untuk masuk mini zoo dengan diajak gerak lagu “ Gerak Binatang”

-          Masuk ke mini zoo, mengamati binatang dan tanya jawab tentang binatang yang di lihat dengan didampingi guru kelas

-          Berfantasi masuk ruang cinema mini zoo (ruang muroja’ah untuk mendengar dongeng)

-          Selesai mendengarkan dongeng, langsung masuk kelas dan makan snack.

-          Setelah itu menggambar bebas binatang kesukaan.

c.     Tujuan kegiatan :

-          Memberikan pembelajaran tentang binatang dengan mengamati langsung dan kegiatan yang mengasyikkan

-          Mengenal mata uang

-          Anak belajar disiplin antri

-          Anak belajar menyimak dongeng dan menceritakan kembali

-          Anak belajar mengekspresikan diri secara verbal dan karya

-          Anak diajak bersyukur atas binatang ciptaan Alloh

DOKUMENTASI KEGIATAN


 

      KENDALA DAN HAMBATAN

Tidak ada kendala yang berarti, karena semua mendukung kegiatan yang sudah direncanakan.

5.     IDE YANG MUNCUL SETELAH MELAKUKAN PERUBAHAN

-            Saya akan belajar lagi dan terus mengasah diri untuk membuat perubahan-perubahan dalam pembelajaran

-            Belajar untuk membuat video, sehingga mampu mendokumentasikan kegiatan dan pelaporan kegiatan menjadi lebih artistic dan layak untuk disebarkan di sosmed.

-            Akan terus berusaha menerapkan kegiatan terkait pemikiran KHD, baik lingkungan kelas maupun sekolah

6.     KESIMPULAN DAN TESTIMONI

-       Sesuai pemikiran KHD, maka pembelajaran harus berpusat pada anak, sesuai dengan dunia mereka (bermain), menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan, serta membiasakan anak merdeka belajar.

-       Kegembiraan anak tentu akan menjadikan mereka belajar dengan bahagia

-   Testimoni wali murid




 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi buku Slilit Sang Kyai

WEBINAR LITERASI PGRI KABUPATEN TULUNGAGUNG

DONGENG : TIDAK BISA HIDUP SENDIRI