1.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak
1.2.a.9. Koneksi Antar
Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak
Pendidikan
dan pengajaran adalah jalan utama untuk menjadikan tiap-tiap anak bangsa
menuju kemajuan budi pekerti, kecerdasan intelek, dan kekuatan jasmani
yang selaras dengan budaya dan kehidupan bangsa.
Tugas
seorang guru, bukan hanya mendidik dan mengajar saja, namun harus bisa menjadi
motivator dan inspirator serta teladan kepada anak untuk mampu menerapkan
nilai-nilai terbaik dalam kehidupan ini. Tugas tersebut bukan sesuatu yang
berat, bila guru terbiasa untuk melakukan nilai-nilai yang terkandung dalam
nilai-nilai yang harus diterapkan sebagai guru penggerak, antara lain: mandiri,
reflektif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid. Dengan nilai
nilai tersebut diharapkan seorang guru tidak hanya sukses mewujudkan
pembelajaran ramah anak, juga mampu pemimpin pembelajaran yang mampu mendorong
tumbuh kembang murid secara holistik sesuai dengan kodrat yang ada dalam
dirinya serta mampu secara aktif dan proaktif mengembangkan pendidik lainnya
untuk mengimplementasikan pemikiran Ki Hajar Dewantara yaitu pembelajaran yang
berpusat pada murid, serta mampu menjadi teladan dan agen transformasi
ekosistem pendidikan untuk mewujudkan “Merdeka Belajar” bahwa pendidikan harus
berpusat pada murid, murid diberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk
tumbuh dan berkembang sesuai dengan minat dan bakatnya. Juga lebih jauh diharapkan
mampu mengemban peran: menggerakan komunitas praktisi, menjadi coach bagi
guru yang lain, dan mendorong kolaborasi antar guru.
Strategi yang harus dilakukan guna mewujudkan nilai – nilai guru
penggerak antara lain : rajin
mengupgrade diri dengan rajin membaca
materi maupun memperluas pemahaman materi dengan banyak membaca literatur yang
ada. Mengikuti pelatihan, webinar dan belajar berkelompok bersama CGP lain
maupun dengan anggota komunitas untuk memperkaya diri akan pengetahuan dan
ketrampilan abad 21. Membuka mata, hati dan fikiran untuk selalu memandang
semua kejadian hidup sebagai sebuah pembelajaran. Begitu juga dengan kegiatan
pengajaran yang saya lakukan. Terus berupaya mewujudkan pembelajaran yang
kreatif, inovatif, menyenangkan dan tentunya berpihak pada anak. Aktif melakukan perubahan – perubahan dan berinovasi
, membangun ruang kolaborasi dengan teman – teman guru/ rekan sejawat yang
lain,memperbanyak berdsikusi dan merefleksi diri agar kita mampu berinovasi,
dan belajar membangun kemampuan sehingga mampu merencanakan, mengorganisasi,
mengarahkan diri, memotivasi diri dan melakukan evaluasi.
Selain
strategi yang akan dilakukan, juga sangat dibutuhkan pihak pihak terkait yang
akan berpengaruh besar terhadap ketercapaian dari program guru penggerak di
dalam komunitas sekolah, yaitu atasan saya yang dukungannya sangat berperan
besar agar buah pemikiran dan inovasi saya bisa saya realisasikan daklam Gerakan
nyata, teman sejawat / rekan guru yang membantu mewujudkan program – program
yang telah direncanakan sangat diperlukan sehingga tujuan yang diharapkan dapat
tercapai secara maksimal. Wali murid juga memiliki peran yang sangat penting,
karena dukungan orang tua sangat dibutuhkan demi terwujudnya dan suksesnya
tujuan pembelajaran, terutama dalam masa daring ini.
Komentar
Posting Komentar