1.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak

 


1.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Pendidikan dan pengajaran  adalah jalan utama untuk menjadikan tiap-tiap anak bangsa menuju kemajuan  budi pekerti, kecerdasan intelek, dan kekuatan jasmani yang selaras dengan budaya dan kehidupan bangsa.

Tugas seorang guru, bukan hanya mendidik dan mengajar saja, namun harus bisa menjadi motivator dan inspirator serta teladan kepada anak untuk mampu menerapkan nilai-nilai terbaik dalam kehidupan ini. Tugas tersebut bukan sesuatu yang berat, bila guru terbiasa untuk melakukan nilai-nilai yang terkandung dalam nilai-nilai yang harus diterapkan sebagai guru penggerak, antara lain: mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid. Dengan nilai nilai tersebut diharapkan seorang guru tidak hanya sukses mewujudkan pembelajaran ramah anak, juga mampu pemimpin pembelajaran yang mampu mendorong tumbuh kembang murid secara holistik sesuai dengan kodrat yang ada dalam dirinya serta mampu secara aktif dan proaktif mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pemikiran Ki Hajar Dewantara yaitu pembelajaran yang berpusat pada murid, serta mampu menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan “Merdeka Belajar” bahwa pendidikan harus berpusat pada murid, murid diberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan minat dan bakatnya. Juga lebih jauh diharapkan mampu mengemban peran: menggerakan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru yang lain, dan mendorong kolaborasi antar guru.

Strategi yang harus dilakukan guna mewujudkan nilai – nilai guru penggerak antara lain : rajin mengupgrade diri dengan rajin membaca materi maupun memperluas pemahaman materi dengan banyak membaca literatur yang ada. Mengikuti pelatihan, webinar dan belajar berkelompok bersama CGP lain maupun dengan anggota komunitas untuk memperkaya diri akan pengetahuan dan ketrampilan abad 21. Membuka mata, hati dan fikiran untuk selalu memandang semua kejadian hidup sebagai sebuah pembelajaran. Begitu juga dengan kegiatan pengajaran yang saya lakukan. Terus berupaya mewujudkan pembelajaran yang kreatif, inovatif, menyenangkan dan tentunya berpihak pada anak. Aktif melakukan perubahan – perubahan dan berinovasi , membangun ruang kolaborasi dengan teman – teman guru/ rekan sejawat yang lain,memperbanyak berdsikusi dan merefleksi diri agar kita mampu berinovasi, dan belajar membangun kemampuan sehingga mampu merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan diri, memotivasi diri dan melakukan evaluasi.

Selain strategi yang akan dilakukan, juga sangat dibutuhkan pihak pihak terkait yang akan berpengaruh besar terhadap ketercapaian dari program guru penggerak di dalam komunitas sekolah, yaitu atasan saya yang dukungannya sangat berperan besar agar buah pemikiran dan inovasi saya bisa saya realisasikan daklam Gerakan nyata, teman sejawat / rekan guru yang membantu mewujudkan program – program yang telah direncanakan sangat diperlukan sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai secara maksimal. Wali murid juga memiliki peran yang sangat penting, karena dukungan orang tua sangat dibutuhkan demi terwujudnya dan suksesnya tujuan pembelajaran, terutama dalam masa daring ini.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi buku Slilit Sang Kyai

WEBINAR LITERASI PGRI KABUPATEN TULUNGAGUNG

DONGENG : TIDAK BISA HIDUP SENDIRI