1.2.a.7. Demonstrasi Konstektual - Nilai dan Peran Guru Penggerak
1.2.a.7. Demonstrasi Konstektual - Nilai dan Peran Guru Penggerak
Oleh : Dhiana Kurniasari Choirul
1.
Saya
akan menjadi guru penggerak yang :
a. Mampu menggerakkan komunitas sekolah
untuk mengimplementasikan pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid
secara holistic. Atif dan proaktif
b. Mampu menerapkan merdeka belajar :
inovatif, berpusat pada anak, menyenangkan.
2.
Nilai-nilai
yang harus saya kuasai :
a.
Mandiri
: Saya harus menanamkan nilai-nilai kemandirian dalam diri saya, kalau saya
tidak mandiri dalam mengakses ilmu dan menerapkannya. Bagaimana saya bisa
memotivasi rekan lain?
b. Reflektif :
Saya akan terbuka dengan segala bentuk perubahan dan harus mau serta mampu
mampu menerima hal-hal yang baru.
c. Kolaboratif :
Saya akan banyak melakukan diskusi dan kolaborasi dan menjalin kerja sama dengan teman-teman
sejawat guna menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Serta untuk
mengetahui apa kekurangan dan kelebihan dalam proses belajar mengajar
d. Inovatif :
Saya akan berusaha terus untuk mencari solusi-solusi, hal-hal baru dan ide-ide
kreatif untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna.
e. Pembelajaran
yang terpusat pada murid : Saya akan mendesain pembelajaran yang ramah anak,
yang mengajak anak untuk mengalami dengan cara mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen mengasosiasikan/mengolah
informasi dan mengkomunikasikan pengetahuan yang dipelajarinya, dan memberikan
otonomi pada anak untuk mengeksplore seluruh kemampuannya dan menggunakan alat
dan bahan sesuai yang diinginkan anak.
3. Nilai itu semua saya pilih
Karena saya beranggapan nilai itu sangat penting dan saya merasa
harus mampu menanmkan nilai-nilai itu dalam diri saya, karena nilai tersebut
sangat mendukung saya untuk menjalankan dan menguatkan peran saya sebagai guru
penggerak sejati.
Komentar
Posting Komentar