1.2.a.6. Refleksi Terbimbing
1.2.a.6. Refleksi Terbimbing
1. NILAI DIRI SAYA
Nilai-nilai yang ada dalam diri saya sesuai dengan pengalaman dan tempaan hidup yang saya alami sejak kecil adalah mandiri, reflektif, inovatif dan berpihak pada murid.
Kenapa saya mengatakan kalau saya mandiri dan reflektif?
Karena dengan adanya banyak kejadian, dengan kekuatan dan kemauan serta semangat dalam diri, saya cepat move on / bangkit dari kegagalan dan keterpurukan yang saya alami. Dengan keteguhan hati, saya berjuang untuk mengejar ketertinggalan dan juga terus berusaha memperbaiki diri. Saya dapat melewati semua tentunya melalui proses refleksi, merenungkan apa yang telah saya jalani, mengingat semua kejadian dan mengambil hikmah terbaik dari proses kehidupan. Berfikiran positif dan terus berbenah dan memperbaiki diri dari semua kekurangan dan kesalahan yang pernah saya perbuat.
Inovatif adalah gambaran pas dalam diri saya yang sejak kecil karena lingkungan dan didikan orang tua membentuk saya menjadi orang yang sangat suka berimajinasi, tidak hanya berimajinasi, namun tentu saya dengan sekuat tenaga mewujudkan imajinasi saya. Saya menyukai tantangan baru, suka belajar banyak hal, suka mencoba dan menyukai perubahan. Itulah yang membuat saya merasa puas bila membuat dan menciptakan hal baru yang bermanfaat, terutama terkait dengan proses pembelajaran. Dan berpihak pada murid adalah salah satu inspirasi saya untuk menciptakan metode-metode terbaik dan terupdate dalam pembelajaran.
2. Setelah mengetahui nilai dari guru penggerak, saya mulai merefleksi diri apakah saya sudah memenuhi kelima unsur nilai guru penggerak tersebut. Setelah menemukan makna dari refleksi saya, maka saya merasa lebih bisa mengarahkan potensi diri saya untuk mewujudkan pembelajaran sesuai dengan petunjuk dari modul-modul yang sebelumnya saya pelajari. Saya juga lebih semangat menerapkan semua imajinasi dan inovasi, karena semakin yakin bahwa kedepan dan di era sekarang pembelajaran dari penerapan nilai-nilai guru penggerak itulah yang nanti sangat dibutuhkan oleh anak didik.
3. Nilai yang saya miliki dan saya yakini ada dalam diri saya adalah mandiri, reflektif, inovatif dan berpihak pada murid, dulu saya tidak menyadari nilai diri saya. Namun setelah mempelajari modul 1.2 saya baru menyadari nilai diri saya dan ingin mengarahkannya untuk mendesain terbaik untuk anak didik saya.
4. Nilai yang perlu saya kuatkan adalah kolaboratif. Karena bila boleh bicara jujur, saya sedikit kesulitan saat bekerja secara berkelompok. Kemandirian yang sudah tertanam sejak kecil, membuat saya terbiasa untuk melakukan banyak hal sendiri. Selain itu saya memiliki orang tua yang sedikit protectif yang tidak pernah mengijinkan saya untuk banyak bermain di luar rumah, tentunya sedikit banyak mempengaruhi sifat saya.
5. Setelah mengetahui peran guru penggerak, tentu yang pertama kali saya lakukan adalah merefleksi diri kelebihan/ nilai diri dan kekurangan yang saya miliki agar bisa sejalan melakukan peran tersebut dengan sebaik-baiknya. Yang selanjutnya open minded untuk menerima kritik, saran, masukan serta ilmu pengetahuan baru dan siap berubah menuju lebih baik. Serta berupaya untuk bisa menjalankan peran tersebut dengan sebaik-baiknya dan memantaskan diri untuk menjadi layak mengambil peran tersebut.
6. Untuk menguatkan peran saya sebagai guru penggerak tentunya saya menguatkan kekurangan yang ada dalam diri saya dikaitkan dengan nilai guru penggerak, rajin mengupgrade diri dengan rajin membaca materi maupun memperluas pemahaman materi dengan banyak membaca literatur yang ada. Mengikuti pelatihan, webinar dan belajar berkelompok bersama CGP lain maupun dengan anggota komunitas untuk memperkaya diri akan pengetahuan dan ketrampilan abad 21. Membuka mata, hati dan fikiran untuk selalu memandang semua kejadian hidup sebagai sebuah pembelajaran. Begitu juga dengan kegiatan pengajaran yang saya lakukan. Terus berupaya mewujudkan pembelajaran yang kreatif, inovatif, menyenangkan dan tentunya berpihak pada anak.
7. Faktor penghambat yang utama adalah menaklukkan diri sendiri, menaklukkan rasa malas, ego dan juga unfokus terhadap proses belajar dan penerapan dari apa yang sudah saya pelajari. Selain itu juga seringkali kesulitan memanajemen waktu mengerjakan tugas, karena ada kegiatan yang mengharuskan focus. Hal yang memperkuat menurut saya secara pribadi adalah dukungan keluarga (suami dan anak) , Yayasan dan juga rekan kerja yang luar biasa inilah yang mampu membuat saya bisa menaklukkan permasalahan dan kecamuk dalam diri saya. Faktor penguat yang lain adalah dukungan fasilitator dan PP yang hebat, yang selalu memberikan motivasi dan penguatan terkait materi-materi yang ada. Dan factor penguat dari diri yang saya Yakini bisa menguatkan peran dan nilai penggerak dalam diri saya adalah kemauan saya untuk belajar, berubah dan berbenah. Kemampuan saya dalam menulis dan kekuatan verbal saya menjadi foktor penting yang bisa memudahkan saya untuk menjalankan peran saya nantinya sebagai guru penggerak.
Sambil menghirup udara segar dan sehat
Jangan ragu terus memperbaiki diri
Menanamkan nilai -nilai yang mendukung peran menjadi guru penggerak yang hebat
Bu Dhiana berhasil membuat saya merasa bangga karena bisa punya kesempatan kenal dan belajar bersama.
BalasHapusMasyaaAlloh.... terima kasih. Saya juga bangga bisa belajar bersama dengan panjenengan
Hapus