1.2.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 3 Oleh : Dhiana Kurniasari Choirul (CGP Angkatan 4 dari Tulungagung)

 

1.2.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 3

Oleh : Dhiana Kurniasari Choirul (CGP Angkatan 4 dari Tulungagung)


Setelah menerima materi tentang nilai peran guru penggerak, sampai mendalami materi melalui video dan tulisan yang ada di LMS serta melakukan diskusi kolaborasi dengan CGP lain dengan dibimbing fasilitator. Akhirnya memberikan saya pemahaman terkait nilai dan peran guru penggerak dan memberikan kesadaran dan memaksa pada diri ini untuk ayo memulai dan memampukan untuk melakukan nilai-nilai dan peran yang ada dengan sebaik-baiknya. Saya lebih memahami tentang apa yang harus saya lakukan sebagai guru penggerak, sebagaimana Amanah dari kementrian bahwa Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila. Adapun nilai guru penggerak sudah kita ketahui meliputi : nilai mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid. Dan peran guru penggerak tersebut dalam materi antara lain : Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya, menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah, mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah, membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah. Terkait tentang nilai dan peran guru penggerak ini tidak hanya sebuah teori, namun harus diterapkan dalam aksi nyata.

Adapun aksi nyata yang menggambarkan nilai guru penggerak yang saya lakukan adalah mendesain kegiatan pembelajaran yang inovatif dan berpihak pada murid. Adapun kegiatan itu saya laksanakan bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 Nopember tahun 2021, dimana saya, kepala sekolah dan para guru di lembaga saya membuat kegiatan :” Peringatan Hari Pahlawan” dengan kegiatan antara lain : Di sekolah akan ada pementasan : “Drama Perjuangan Pahlawan Merebut Kemerdekaan”. Anak-anak juga akan diajak “Sehari Berbahasa Jawa” , pembiasaan Membaca Buku Sejak Dini (Literasi) dan bercerita tentang drama yang sudah disaksikan anak-anak untuk mengasah kemampuan ekspresif anak. Pada hari itu guru dan anak-anak memakai baju daerah. Guru memakai kebaya dana anak- anakpun ada beberapa yang memakai kebaya, beskap, baju tantara dan juga baju batik. Kegiatan yang diharapkan akan berkesan dan memahamkan anak akan perjuangan para pahlawan dan menanamkan jiwa nasionalisme, cinta budaya dan cinta membaca. Yang terlibat mensukseskan acara adalah para guru, dukungan orang tua dan semangat anak-anak yang luar biasa.

1.     Perencanaan

 

2.     Pelaksanaan

( Termuat dalam status FB saya pada link di bawah ini : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2482339021900079&id=100003720159222 )

    

Adapun penerapan peran guru penggerak yang saya lakukan adalah sebagai narasumber bagi guru lain pada kegiatan pengimbasan Bimtek Literasi yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung (termuat dalam status fb dengan link : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2477409655726349&id=100003720159222) dan juga bimtek Lingkungan Belajar Berkualitas yang diadakan oleh komunitas KKG Gugus.

 

 

 

 

 

 

 

 



 

 

 

 

 

 

  

Dari Nilai dan peran yang sudah saya lakukan sebagai guru penggerak, banyak testimoni positif dari guru, wali murid dan juga guru lain yang mengikuti bimtek yang saya sebagai narasumbernya.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi buku Slilit Sang Kyai

WEBINAR LITERASI PGRI KABUPATEN TULUNGAGUNG

DONGENG : TIDAK BISA HIDUP SENDIRI