1.2.a.10 Aksi Nyata - Nilai dan Peran Guru Penggerak
1.2.a.10 Aksi
Nyata - Nilai dan Peran Guru Penggerak
Oleh : Dhiana Kurniasari Choirul (CGP Angkatan 4 dari Tulungagung)
Setelah menerima materi tentang nilai peran
guru penggerak, sampai mendalami materi melalui video dan tulisan yang ada di
LMS serta melakukan diskusi kolaborasi dengan CGP lain dengan dibimbing
fasilitator. Akhirnya memberikan saya pemahaman terkait nilai dan peran guru
penggerak dan memberikan kesadaran dan memaksa pada diri ini untuk ayo memulai
dan memampukan untuk melakukan nilai-nilai dan peran yang ada dengan sebaik-baiknya.
Saya lebih memahami tentang apa yang harus saya lakukan sebagai guru penggerak,
sebagaimana Amanah dari kementrian bahwa Guru Penggerak
adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara
holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk
mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi
teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil
Pelajar Pancasila. Adapun nilai guru penggerak sudah kita ketahui meliputi : nilai mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif dan
berpihak pada murid. Dan peran guru penggerak tersebut
dalam materi antara lain : Menggerakkan komunitas belajar untuk
rekan guru di sekolah dan di wilayahnya, menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan
pembelajaran di sekolah, mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah,
membuka
ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan
di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
dan menjadi
pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah. Terkait tentang
nilai dan peran guru penggerak ini tidak hanya sebuah teori, namun harus
diterapkan dalam aksi nyata.
Adapun aksi nyata yang menggambarkan nilai guru penggerak
yang saya lakukan adalah mendesain kegiatan pembelajaran yang inovatif dan berpihak
pada murid. Adapun kegiatan itu saya laksanakan bertepatan dengan Hari Pahlawan
10 Nopember tahun 2021, dimana saya, kepala sekolah dan para guru di lembaga
saya membuat kegiatan :” Peringatan Hari Pahlawan” dengan kegiatan antara lain :
Di sekolah
akan ada pementasan : “Drama Perjuangan Pahlawan Merebut Kemerdekaan”. Anak-anak juga akan diajak “Sehari
Berbahasa Jawa” , pembiasaan Membaca Buku Sejak Dini (Literasi)” dan bercerita tentang drama yang sudah
disaksikan anak-anak untuk mengasah kemampuan ekspresif anak. Pada hari itu
guru dan anak-anak memakai baju daerah. Guru memakai kebaya dana anak- anakpun
ada beberapa yang memakai kebaya, beskap, baju tantara dan juga baju batik.
Kegiatan yang diharapkan akan berkesan dan memahamkan anak akan perjuangan para
pahlawan dan menanamkan jiwa nasionalisme, cinta budaya dan cinta membaca. Yang
terlibat mensukseskan acara adalah para guru, dukungan orang tua dan semangat
anak-anak yang luar biasa.
1. Perencanaan
2. Pelaksanaan
( Termuat dalam status FB saya pada link di bawah
ini : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2482339021900079&id=100003720159222
)
Adapun penerapan peran guru penggerak yang saya lakukan adalah sebagai narasumber
bagi guru lain pada kegiatan pengimbasan Bimtek Literasi yang diadakan oleh Dinas
Pendidikan Kabupaten Tulungagung (termuat dalam status fb dengan link : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2477409655726349&id=100003720159222)
dan juga bimtek Lingkungan Belajar Berkualitas yang diadakan oleh komunitas KKG
Gugus.
Dari Nilai
dan peran yang sudah saya lakukan sebagai guru penggerak, banyak testimoni positif
dari guru, wali murid dan juga guru lain yang mengikuti bimtek yang saya
sebagai narasumbernya.
Komentar
Posting Komentar